Tanggung jawab paling penting sebagai orang tua adalah menjamin bahwa anak Anda mendapatkan pendidikan terbaik. Kita semua menyadari semakin hari biaya pendidikan semakin besar, oleh karena itu sangat diharuskan bagi para orang tua untuk menyiapkan rencana pendidikan untuk anak sejak dini. Salah satu strategi yang menjadi solusi adalah mempunyai tabungan pendidikan tapro. 


Dengan mendaftarkan anak di TAPRO, tabungan anak anda tidak tergerus oleh biaya administrasi justru dengan TAPRO nilai tabungan akan berkembang dengan pesat. Silahkan cek proposal asuransi pendidikan.

Konsep asuransi pendidikan itu sendiri adalah program asuransi yang menjamin dana pendidikan anak tercapai di saat kondisi pencari nafkah sehat, sakit kritis, bahkan meninggal. Hal ini disesuaikan dengan tabungan/premi yang disetorkan.
Dalam pengertian menyiapkan dana pendidikan, ada dua hal terpenting yang wajib diperhatikan:

a. Perlindungan pencari nafkah
Kita mengetahui bahwa peranan pencari nafkah merupakan sangat vital bagi kehidupan keluarga. Kondisi sakit kritis bahkan meninggal sekalipun yang terjadi pada pencari nafkah membuat istri dan anak khawatir, bagaimana memenuhi biaya hidup kedepan.

Jika pencari nafkah di PHK dalam kondisi sehat tapi umur sudah uzur, maka kemampuan pencari nafkah menjadi berkurang dan biasanya pendidikan anak terhambat ditengah jalan. Ingat siklus kehidupan manusia dengan umur 50 thn lebih merupakan masa kritis dari segi keuangan.

Lantas bagaimana jika pencari nafkah sakit kritis ? Apakah orang tersebut bisa dengan mudah beraktivitas kembali ?
Seberapa seringkah anda melihat orang terkena stroke dapat bekerja kembali ?
Seberapa seringkah anda melihat pasien kanker stadium akhir dapat bekerja kembali ?
Dalam kondisi ini tentunya pencari nafkah akan semakin stress. Hal ini pernah kita temui seseorang yang menderita stroke, beliau semakin stres karena tuntutan biaya hidup keluarganya.

Penghasilan bisa saja berhenti, namun apakah

Biaya hidup keluarga bisa berhenti ?

Kami, anda dan orang-orang yang ada disekitar anda adalah individu-individu bagian kehidupan yang rentan terhadap risiko. Contohnya : sakit, kebakaran, kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas, putus hubungan kerja atau bahkan meninggal dunia. Dan seperti yang kita ketahui, risiko akan selalu ada dan tidak dapat dihilangkan.


Lahir, rejeki dan meninggal sudah ditentukan Tuhan, kita tidak bisa memastikan suami/kepala rumah tangga/pencari nafkah meninggal di masa pensiun, setelah anak-anak sudah mandiri bekerja, kita harus memahami jalan manusia bukan jalan Tuhan. Bagaimana jika Tuhan memanggil pencari nafkah di saat anak-anak masih sekolah ? Di saat keluarga sedang membutuhkan biaya besar. Tentunya kita tidak boleh menyalahkan Tuhan jika hal ini terjadi, karena Tuhan sudah memberikan manusia pikiran untuk bertindak bijak dalam mengelola semua risiko ini dengan baik.

b. Tabungan Pendidikan
Saat ini orangtua tidak terlalu dibebankan biaya sekolah dari SD sampai SMA, karena biaya masih terjangkau. Biaya pendidikan mulai terasa berat saat anak mulai masuk kuliah.
Dengan kesempatan ini, orangtua bisa fokus kepada biaya kuliah anak kedepan, walaupun anak anda masih kecil. Mengapa ?
Karena menurut perencana keuangan, biaya kuliah mengalami kenaikan 15-30 % / tahun.

Katakan biaya semester tahun 2015 di Universitas Indonesia Rp 8 juta/semester, maka kemungkinan besar biaya kuliah 2028 (13 tahun mendatang) sebesar Rp 50 juta/semester.
Permasalahannya adalah kenaikan penghasilan tidak mencapai 15 %/tahun. Artinya anda perlu mempersiapkan dana pendidikan anak ini sejauh dini.


Para pakar perencanaan keuangan sering bilang bahwa pendidikan merupakan investasi terpenting dalam hidup setiap orang. Masalahnya, ongkos pendidikan semakin melangit setiap tahun. Menurut hitungan para perencana keuangan, biaya pendidikan di negeri ini rata-rata meningkat sekitar 15% – 30% per tahun. Angka ini lebih dari dua kali lipat rata-rata kenaikan inflasi. Rata-rata kenaikan dana pendidikan perguruan tinggi sekitar 15-30 % / tahun

Kita bisa mengambil kenaikan biaya pendidikan 15 %/tahun.  Maka untuk menghitung biaya kuliah di masa depan adalah

Anak akan kuliah 18 tahun kedepan (sekarang 2016)
Untuk anak membutuhkan biaya kuliah di tahun 2034
FV = (I + 15 %) 18  x  PV
=    (1.15 %) 18  x Rp 150 juta
Rp 1.8 MILYAR
Total biaya kuliah anak adalah Rp 1.8 MILYAR. Dalam waktu 18  tahun kenaikan biaya kuliah mencapai 11-12 kali lipat, hal ini karena faktor waktu dan inflasi. Terkadang sulit untuk dipercaya namun itu adalah kenyataannya. Rata-rata orangtua terkendala dalam masalah biaya karena kenaikan penghasilan dibawah kenaikan biaya kuliah.

Bpk. Pintar menyadari bahwa didalam hidup tidak ada kepastian bahwa kita bisa menafkahi  keluarga sampai masa pensiun. Oleh karena itu, Bpk. Pintar mengambil asuransi pendidikan dengan premi yang terjangkau sebesar Rp 500.000/bulan.
Dengan premi Rp 500.000/bulan, maka Bpk. Pintar mendapatkan fasilitas

Jika menabung dana pendidikan anak Rp 500.000/bulan. Maka hasil tabungan selama 15 tahun sekitar  Rp 176-292 juta. Dengan asumsi bunga yang didapat 13 - 18 %/tahun.
Jika kita menabung di bank dengan nominal yang sama, maka hasilnya adalah 15 tahun x 12 bulan x Rp 500.00 = Rp 90 juta.
Dengan asuransi pendidikan anak ini, hasil investasi dapat digunakan untuk biaya pendidikan anak plus biaya hidup keluarga.
Diawal tahun 2016 ini, waktu yang tepat untuk anda dalam mempersiapkan dana pendidikan anak melalui program asuransi pendidikan anak.

Berikut ini ilustrasi dari
Bpk. Pintar Usia 34 th.
Anak usia 4 th.
Premi : 500.000 / bulan selama 10 thn (masa kontrak)
tapro pendidikan
Untuk lebih detilnya silahkan cek tabel tapro pendidikan berikut.

Banyak masyarakat yang sadar bahwa menabung itu penting tapi takut jika menabung di perusahaan asuransi duitnya bakal hilang ?

Berikut alasan saya kenapa saya menabung di TAPRO ALLIANZ :
1. Peringkat asuransi terbaik dunia
2. Nilai RBC, Rasio Kesehatan Financial Perusahaan

Jika anda bingung ke 3 hal ini
1. Manfaat yang saya dapatkan apa saja ?
2. Berapa premi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak saya ?
3. Kepada siapa saya harus mendaftar asuransi pendidikan anak ?

Info lebih lanjut Hub. / WA
085101847661

Tabungan Pendidikan

Label:

Posting Komentar

Email: y_o2k@yahoo.com
WA: 085101847661
Pin BB: 7FC60987

Profile

Blog ini bukan web resmi Perusahaan. Semua materi di dalamnya merupakan tanggung jawab pribadi penulis selaku mitra bisnis.
(Tri Sunaryo Hariadi)

Agen : 00919114
Unit : B2117
WA: 085101847661

Web resmi : http://www.allianz.co.id

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.